Gejala Penyakit Kolesterol yang Harus Dikenali



Penyakit kolesterol tinggi adalah salah satu silent killer yang kehadirannya acapkali tak disadari.Sebutan silent killer hadir karena banyak orang tak menyadari adanya gejala penyakit ini dan baru menyadari ketika keadaannya sudah mulai memburuk.
Banyak risiko berbahaya yang ditimbulkan dari kolesterol tinggi seperti serangan jantung, stroke, hingga gangguan fungsi otak.Itulah kenapa Anda perlu mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi agar risikonya yang berbahaya bisa dihindari.

Simak beberapa gejala kolesterol tinggi yang umum ditemui sebagai berikut:

1. Kesemutan, Pegal, Hingga Sakit Kepala

Gejala kolesterol tinggi pusing atau sakit kepala, pegal, dan kesemutan saling berhubungan dan disebabkan oleh satu hal yaitu penyumbatan aliran darah.
Kadar kolesterol tinggi yang menumpuk pada dinding pembuluh darah otomatis akan menghambat aliran darah ke seluruh tubuh.Akibatnya, kepala sering merasa pusing, kaki mudah pegal, hingga mudah kesemutan dalam jangka waktu yang sebentar.

2. Kesulitan Bernapas

Gejala kesulitan bernapas bukan hanya berhubungan dengan penyakit asma karena ini juga bisa jadi salah satu pertanda penyakit kolesterol tinggi.Agar lebih yakin, sebaiknya segera periksakan ke dokter bila Anda mengalami gejala kesulitan bernapas yang ganjil.

3. Tengkuk Pegal-pegal

Umumnya, gejala kolesterol di usia muda ataupun tua diindikasikan oleh beberapa hal yang sama, salah satu yang paling sering timbul yaitu rasa pegal di tengkuk.Munculnya rasa pegal di tengkuk diakibatkan oleh terganggunya aliran darah yang mengalir lewat tengkuk ke arah kepala.Meskipun bukan sebuah gejala pasti, sebaiknya Anda tetap mewaspadai dan jauh lebih baik bila segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Melemahnya Otot Kaki

Berikutnya, pelemahan otot kaki bukan semata gejala kolesterol tinggi pada pria karena sangat mungkin juga terjadi pada wanita.Gejala ini muncul karena kurangnya aliran darah dalam tubuh dan menumpuknya kolesterol di area kaki.Penumpukan tersebut menyumbat aliran darah dan membuat kinerja otot kaki menjadi tak maksimal.

5. Jantung Berdebar-debar

Apa yang dimaksud di sini tentu saja bukanlah sekadar jantung berdebar-debar biasa, tetapi gejala khusus yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi.Penyebabnya tentu karena penumpukan kolesterol berlebih dalam tubuh dan membuat jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah.
Semakin parah tingkat kolesterol, semakin berat juga kinerja jantung Anda. Lama kelamaan hal ini bisa mengakibatkan pada penyakit gagal jantung yang sangat berbahaya.

6. Xanthelasma\

Xanthelasma adalah pengendapan kolesterol tinggi yang menumpuk di wilayah bawah kulit.Indikasi yang paling jelas dapat dilihat dari munculnya warna kuning di ujung kelopak mata serta timbulnya bentolan kecil di beberapa bagian tubuh.
Jika Anda menemukan indikasi xanthelasma, segeralah periksakan diri ke dokter agar langsung mendapatkan penanganan yang tepat.

7. Gejala Stroke

Stroke bisa dibilang sebagai salah satu risiko terburuk dari penyakit kolesterol tinggi selain penyakit jantung.Lagi-lagi, gejala stroke juga muncul karena adanya penyumbatan aliran darah oleh kolesterol yang juga bisa mengakibatkan kemunculan plak dalam pembuluh darah di otak.
Alhasil, stroke menyebabkan disfungsi pada beberapa bagian tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan.

0 Response to " Gejala Penyakit Kolesterol yang Harus Dikenali "

Post a Comment