Kesempatan ke Jepang lewat Program Jenesys

sudah ada yang tau mengenai tentang program Jenesys blom?? Well, Jenesys (Japan East Asia Network of Exchange Students and Youth) merupakan salah satu pogram kerjasama yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang. Dalam program ini, pemerintah Jepang mengundang generasi muda yang berasal dari negara-negara anggota Association of South East Asia Nation (ASEAN) untuk melakukan diskusi terkait plan of action negara-negara ASEAN dalam menghadapi AEC (ASEAN Economic Community) di tahun 2015 mendatang. Ada tiga batch yang ditawarkan dalam program ini. Antara lain Science & Engineering  (batch 1), Other Natural Science  ( batch 2) dan Humanities & Social Science (batch 3). Apa aja sih kegiatannya disana???
Yuk, simak cerita dari Melysa Retsahana. Sebelumnya kita kenalan dulu sama kakak cantik yang baru pulang dari Jepang ini. Gadis yang biasa disapa Mely ini, merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga angkatan 2009. Dia berhasil melalui seleksi panjang hingga akhirnya mendapatkan kesempatan untuk terbang ke Jepang bulan Juni lalu. Karena berasal dari fakultas hukum, maka Mely masuk ke rombongan batch 3 yang berangkat taggal 23  sampai 30 Juni 2013. Selama seminggu disana, tentunya banyak banget pengalaman yang didapatkan. Berikut paparan Mely tentang kunjungannya ke jepang selama satu minggu.

Sebenernya apa sih yang di bahas dalam program Jenesys ini??
Jadi, karena tema acaranya mengenal lebih jauh tentang Asean Economic Community dengan konsep youth exchange, selama seminggu di Jepang kita belajar tentang Asean dan Asean Economic Community. Disana, saya dan rombongan berdiskusi bersama lectures dari petinggi2 Asean dan Jepang. Perdana menteri Shinzou Abe ingin membina hubungan baik antara Jepang dengan Asean dalam menghadapi Asean Economic Community dan pasar tunggal Asean yang merupakan free trade. Seru pokoknya… kita diajak untuk lebih aware tentang Asean dengan cara dikumpulkan dalam tiap-tiap tim. Dari situ, diharapkan  kita juga bisa mengenal Asean lebih jauh lewat teman-teman kita. Kita juga dituntut untuk menetuskan misi kita dengan mengenalkan Asean ke teman-teman kita di Indonesia. Begitu juga yang dari negara Asean lain. Sehingga memperkuat hubungan antar negara Asean dan diharapkan bisa melakukan kerja sama secara baik dengan Jepang.

Selain diskusi pastinya ada acara jalan-jalan juga dong?
Yap, bener banget. Kita juga diajak berwisata dengan konsep study tour. Kita mengunjungi berbagai tempat. Mulai dari tempat bersejarah, perusahaan-perusahaan, tempat-tempat turis, hingga kantor administrasi prefektur dan kota yang kita kunjungi untuk komparasi dengan kota kita di Indonesia. Pihak Jepang juga mengenalkan bisnis dan ekonomi di Jepang. Kita juga diajak melihat kecanggihan Jepang, bener-bener pengalaman yang sangat mengesankan.
972215_10201512753046364_1191147808_n
 Dari perjalanan seminggu di Jepang, pelajaran apa sih yang bisa di ambil untuk  indonesia agar lebih baik ke depannya?
Jepang terbukti sukses dengan menerapkan subtitusi sumber daya alam mereka yang kurang jika dibandingkan dengan Indonesia. Mereka  terus berinovasi dan berinvestasi melalui teknologi. Dari sini, Indonesia yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, seharusnya dapat memanfaatkan dengan baik. Program ini salah satu cara Indonesia agar bisa membuka kerja sama dengan Jepang atau negara-negara Asean lainnya untuk mengubah material sumber daya alam Indonesia menjadi siap pakai. Namun, perlu diingat kita tidak boleh menjual material tersebut terlalu murah ke negara lain. Apa lagi wisata, Indonesia memiliki tempat wisata yang indah dan beragam. Kita bisa mempromosikan nantinya lewat program ini. Sedangkan pelajaran terbaik untuk Asean. Untuk menghadapi Asean Economic Community kita sesama negara Asean harus bisa menjaga hubungan baik. Dengan adanya hubungan baik ini, juga akan memperbaiki stabilitas ekonomi negara. Selain itu relasi yg kuat akan menumbuhkan semangat emosional yg kuat dalam bersama sama membangun Asean dan Indonesia lebih baik ke depannya.
Programnya seru banget, ada tips untuk bisa ikut program Jenesys ini?
Untuk seleksi, kita dipilih fakultas masing-masing. Kita memang harus jadi mahasiswa berprestasi atau paling tidak aktif di kampus. Setelah seleksi fakultas, kemudian kita diseleksi universitas. Khusus mulai tahun ini, diseleksi lagi di konjen Jepang surabaya dengan mahasiswa lain. Baik dari Surabaya maupun kota lain. Jadi persiapkan diri saja dan tunggu pendaftaran selanjutnya.

0 Response to " Kesempatan ke Jepang lewat Program Jenesys "

Post a Comment