Faktor-faktor Penyebab Penyakit Kolesterol


Kolesterol tinggi atau dalam istilah medis disebut hiperkolesterolemia adalah kondisi di mana kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normalnya.Apa saja sih penyebab munculnya kolesterol? Bisakah pikiran jadi penyebab kolesterol?
Sebetulnya, ada banyak penyebab kolesterol tinggi selain makanan seperti misalnya gaya hidup, rutinitas sehari-hari, hingga faktor genetik.
Nah, agar tak kebingungan lagi, yuk segera simak 7 penyebab kolesterol tinggi di bawah ini.

Inilah 7 penyebab kolesterol paling utama yang perlu dihindari:

1. Asupan Makanan

Ada banyak makanan dan minuman penyebab kolesterol yang kebanyakan orang tidak memahami atau mengetahuinya.Makanan seperti daging kambing, daging sapi, santan, hingga minyak kelapa merupakan daftar makanan yang mengandung kolesterol cukup tinggi.
Namun, penyebab kolesterol tinggi selain makanan seperti minuman dan gaya hidup pun tetap perlu diperhatikan agar lebih seimbang.

2. Merokok

Sudah tak diragukan lagi bahwa secara medis maupun secara sains, merokok terbukti menjadi sumber dari berbagai penyakit, salah satunya kolesterol.Kok bisa merokok jadi menyebabkan kolesterol?
Tentu saja bisa! Alasannya, merokok merusak dan menurunkan kadar kolesterol baik di tubuh Anda sehingga yang tersisa hanyalaha kolesterol jahat.

3. Kurang Gerak

Hati-hati Sahabat 99, kurang gerak dan kurang berolahraga bisa jadi penyebab kolesterol naik drastis, lho!Bila Anda kurang bergerak, kadar Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat akan meningkat dengan pesat di tubuh Anda.
Jadi, jangan lupa untuk memperbanyak bergerak di sela-sela kesibukan Anda ya, Sahabat 99!

4. Berat Badan

Menurut beberapa ahli, berat badan yang dihasilkan dari pola hidup kurang sehati juga bisa jadi salah satu penyebab kolesterol naik drastis.
Akibatnya tak hanya menurunkan penampilan Anda, tetapi juga dapat menurunkan High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dalam tubuh Anda.Selain itu juga dapat meningkatkan trigliserida dalam tubuh yang sama bahanya seperti kolesterol!

5. Usia dan Jenis Kelamin

Batas “aman” dari kolesterol adalah umur 20 tahun. Setelah itu, kadar kolesterol cenderung akan terus meningkat hingga usia di atas 50 tahun.Hal yang sama akan terjadi pada wanita. Namun bedanya, kadar kolesterol pada wanita akan turun setelah mengalami menopause.

6. Penyakit Tertentu

Meskipun Anda telah mencoba menghindari makanan penyebab kolesterol dan menjalani pola hidup sehat, namun kemungkinan terkena penyakit kolesterol masih ada.Hal ini bisa terjadi bila Anda memiliki penyakit tertentu seperti diabetes dan hipotiroidisme yang dapat menyebabkan munculnya kolesterol tinggi.

7. Turunan

Faktor penyebab kolesterol berikutnya adalah faktor genetik atau turunan.Hal ini memang tidak bisa dihindari, namun bukan berarti tak bisa dicegah dan diminimalisir dengan cara pencegahan kolesterol yang tepat.Tak ada cara lain untuk mengetahui hal ini selain dengan memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan pemeriksaan yang tepat dan menyeluruh.

0 Response to " Faktor-faktor Penyebab Penyakit Kolesterol "

Post a Comment