Mahasiswa UNJ Ini Berhasil Membuat Alat Evaluasi Guru Pertama Di Indonesia


QTI Apps merupakan salah satu program yang dibuat sebagai alat evaluasi guru di Indonesia. Program ini diperlukan bagi para pendidik di Indonesia untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dikelas. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara guru dengan siswa akan berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar siswa. Sehingga gaya Interpersonal guru akan berpengaruh langsung dalam proses tersebut.
             
QTI Apps ini adalah salah satu aplikasi yang pembuatannya di danai oleh DIKTI dalam kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Proses pembuatan aplikasi ini telah berjalan sejak bulan maret  2014 dan terus dikembangkan hingga sekarang. Pada bulan Mei, 4 hari pasca Hari Pendidikan Nasional, Tim kami yang beranggotakan Fiud, Intan, Rut, Yoga dan Miko berkesempatan untuk melaunchingkan karyanya bersamaan dengan adanya Seminar Pendidikan bekerja sama dengan Forum Bidik Misi-UNJ.
           
Berbagai apresiasi positif telah diberikan dari praktisi pendidikan, dosen, guru, siswa, dan mahasiswa dalam menyambut gerakan perubahan dalam bidang pendidikan. Pasalnya, program ini tidak hanya bermanfaat bagi guru dalam upaya refleksi diri. Namun juga bagi pemerintah dalam memetakan daerah dengan kondisi interaksi guru tertentu sehingga dapat dijadikan acuan dalam membuat kebijakan pendidikan.
             
QTI Apps selajutnya juga telah melakukan kegiatan pameran dalam acara Dies Natalies UNJ selama 2 hari pada tanggal 10-11 Juni 2014. Penyebarluasan penggunaan program ini nantinya diharapkan memicu semangat guru-guru Indonesia untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga akan timbul interaksi positif dengan siswa dalam belajar yang menyenangkan. 
Semoga dengan adanya alat ini,kualitas mengajar gruru di indonesia semakin meningkat,dan hal ini tentunya akan berdampak kepada meningkatnya sumber daya manusia.(Fiud Khodriah)

0 Response to " Mahasiswa UNJ Ini Berhasil Membuat Alat Evaluasi Guru Pertama Di Indonesia "

Post a Comment