Luar Biasa....Kulit Pisang Bisa Jadi Baterai

Kulit Pisang Bisa Jadi Baterai-Keterbatasan sumber daya alam yangtak terbarukan memaksa manusia untuk kreatif mencari alternatif sumber energi. Mulai dari energi matahari, biogas dalam bentuk kotoran ternak, bahkan kulit pisang.

Ya, kulit pisang. Jika selama ini kulit pisang hanya dibuang begitu saja, kulit pisang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku baterai kering. Inovasi tersebut yang dikemukakan mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dinar Ardhi dalam pameran besutan Mata Kuliah Teknik Pengolahan Limbah.

“Kulit pisang berpotensi menjadi pengganti pasta baterai kering ramah lingkungan. Menurut referensi, di dalam kulit pisang mengandung magnesium (mg), garam sodium dan yang paling banyak adalah kalium, baik mg, garam sodium dan kalium ini termasuk logam dan di mana yang saya ketahui logam adalah penghantar elektrolit yang kuat," ujar Dinar, seperti dilansir dari laman Unsoed, Jumat (4/7/2014).

Sayang, kata Dinar, kebanyakan manusia jarang berpikir untuk mendaur ulang (recycle) kebutuhan-kebutuhan yang sudah mereka konsumsi. Mereka, lanjutnya, hanya membuang limbah begitu saja, tanpa berpikir untuk memanfaatkannya kembali.

"Sebuah pepatah mengatakan, habis manis sepah dibuang. Ibarat tersebut tak jauh berbeda ketika kita mengkonsumsi buah pisang, kemudian membuang limbah kulitnya di sembarang tempat. Jarang sekali orang berpikir untuk memanfaatkan kembali limbah kulit pisang tersebut. Padahal tanpa kita sadari sebenarnya kulit pisang berpotensi menjadi baterai kering ramah lingkungan,” tuturnya.

Tidak hanya Dinar, sejumlah mahasiswa pun menampilkan berbagai inovasi menarik untuk menangani persoalan limbah tersebut. Mulai dari Rotary kiln manual yang dapat diaplikasikan dalam skala rumah tangga dengan memanfaatkan perputaran roda sepeda hingga mengolah limbah plastik menjadi minyak mentah.(okezone)

0 Response to " Luar Biasa....Kulit Pisang Bisa Jadi Baterai "

Post a Comment