Ada Beasiswa S-2 dari UGM untuk Aktivis


Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka program beasiswa Power, Welfare and Democracy (PWD) pada Jurusan Politik Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). Beasiswa diperuntukkan bagi para aktivis dan pegiat lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Program PWD sendiri adalah proyek berbasis penelitian, buah kerja sama UGM dengan Universitas Olso (UiO) yang dimaksudkan untuk mendukung jaringan aktivis pendorong kemajuan demokrasi di Indonesia. Melalui proyek ini, para aktivis bisa menjalankan riset sambil menyelesaikan pendidikan master atau doktoral di UGM.

Aktivis yang berminat melamar beasiswa ini harus menyiapkan proposal riset dengan tiga tema utama yang saling berkaitan, yaitu:
1. Ragam pemahaman dan praktik yang berlaku mengenai Kewarganegaraan dan sense of public;
2. Ragam pemahaman dan praktik yang berlaku mengenai konsep kesejahteraan;
3. Ragam pemahaman dan praktik yang berlaku mengenai konsep demokrasi di berbagai lokal daerah.

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa program S-2 dan S-3 di Jurusan Politik dan Pemerintahan UGM. Untuk periode semester genap yang dimulai Februari 2014, ada lima beasiswa Master yang akan diberikan.

Fasilitas yang akan didapat penerima beasiswa adalah:
- Tunjangan bulanan untuk tinggal di Yogyakarta selama masa studi;
- Biaya kuliah (SPP) full time program Master selama dua tahun (empat semester) di Program S-2 Politik Pemerintahan atau Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol UGM
- Dana penelitian untuk penulisan tesis.

Pelamar dapat berasal dari kalangan akademisi atau aktivis LSM pemegang gelar sarjana pada bidang yang sesuai. Selain CV yang menunjukkan komitmen, pelamar juga harus melampirkan contoh tulisan.

Selain itu, pelamar juga harus memenuhi persyaratan untuk menjadi mahasiswa S-2 reguler, yaitu:
- Skor Test Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Test Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM minimal 500,
- Kemampuan berbahasa Inggris ditunjukkan dengan skor minimal Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM 209, atau; Skor IELTS minimal 5.0 atau; Skor TOEFL Internet-Based (IBT) minimal 50 atau; Skor TOEFL Computer-Based Test (CBT) minimal 145 atau; Skor TOEFL Institutional Testing Program (ITP) minimal 450.

Berkas yang dibutuhkan dalam proses aplikasi beasiswa ini adalah formulir pendaftaran, personal statement, curriculum vitae, Skor TPA atau PAPS terbaru (masih berlaku) dan Skor AcEPT, IELTS atau TOEFL terbaru (masih berlaku). Berkas tersebut bisa dikirim via email melalui alamat jpp.fisipolugm@gmail.com. Cantumkan subjek email: Aplikasi Beasiswa PWD. Deadline pendaftaran adalah 20 Desember 2013

Informasi lengkap bisa disimak di laman UGM. Anda bisa juga menghubungi Sekretariat Jurusan Politik dan Pemerintahan (cq. Nur Rohmah) dengan nomor telpon: 0274–563362 ext 111, HP: 08112502020.

Sementara itu, Anda bisa juga mempelajari informasi detail tentang prosedur umum pendaftaran mahasiswa pascasarjana UGM di laman UGM. (rfa)

sumber:okezone 

0 Response to " Ada Beasiswa S-2 dari UGM untuk Aktivis "

Post a Comment