Macam-macam Buah Penurun Kolestrol Didalam Tubuh

Tak selalu jahat, pada dasarnya kolesterol di dalam tubuh dibagi menjadi dua macam, yakni high density lipoprotein (HDL) dan low density lipoprotein (LDL).HDL sering disebut sebagai kolesterol 'baik' yang berperan mengangkut kolesterol LDL (yang merupakan kolesterol 'jahat') dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan.
Namun, saat kolesterol di dalam tubuh berlebih, ia akan mengendap pada dinding arteri dan menyebabkan penyakit.Lama-kelamaan endapan lemak ini akan mengeras di dinding pembuluh darah dan menyebabkan pembuluh darah menyempit.
Hal inilah yang bisa memicu penyakit jantung atau stroke. Oleh sebab itu, kadar kolesterol dalam darah harus terus dikontrol.Jika terlalu tinggi, hal tersebut bisa memunculkan penyakit berbahaya. Untuk mengatasinya, kamu perlu menjaga pola makan sehat dan membatasi asupan lemak jenuh
Untuk itu, kamu bisa mulai mengonsumsi buah-buahan untuk memulai pola makan sehat.
Tak main-main, buah-buahan memiliki senyawa kimia yang dapat membatasi penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Selain itu, buah-buahan juga bisa menaikkan kadar kolesterol baik.

Lantas, apa saja jenis buah yang baik untuk menurunkan kolesterol? Berikut kami  telah merangkum ketujuh daftarnya:

  • Alpukat


Tidak terbantahkan lagi bahwa alpukat adalah salah satu buah yang paling kaya nutrisi. Kandungan lemak tunggal tak jenuh dan serat dalam alpukat bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.
Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengalami obesitas dan mengonsumsi satu buah alpukat setiap harinya memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

  • Berries


Buah-buahan berries seperti stroberi, blueberry, dan blackberry adalah sumber antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, tingginya kandungan serat dalam buah-buahan berries membantu menghentikan produksi kolesterol. 

  • Jeruk


Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah citrus fruit seperti jeruk dan grapefruit. Tak hanya menjadi sumber vitamin C yang melimpah, namun jeruk juga mengandung substansi yang disebut fitosterol. Kandungan lemak ini sama seperti yang ada di kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran dan ampuh menurunkan kolesterol.

  • Apel


Senada dengan pepatah an apple a day keeps the doctor away, apel juga bisa menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Ada banyak sekali penelitian yang menyatakan bahwa kandungan antioksidan dalam apel yaitu polifenol dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat atau LDL.

0 Response to " Macam-macam Buah Penurun Kolestrol Didalam Tubuh "

Post a Comment