Beasiswa dari Pemerintah Turki untuk Mahasiswa Indonesia,Mau?


Pemerintah Turki membuka penawaran beasiswa seluas-luasnya bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di negara Turki. Semua biaya pendidikan, uang pendaftaran, uang saku, biaya akomodasi hingga kesehatan diberikan gratis. Hingga saat ini terdapat setidaknya 100 mahasiswa asal Indonesia setiap tahunnya yang kuliah di Turki melalui program beasiswa.

Nama Program: Türkiye Scholarships
Level: undergraduate, graduate, PhD and research level
Bidang Studi: sains, teknologi, kedokteran, sosial, bahasa
Beasiswa: biaya studi gratis, akomodasi, kesehatan
Deadline: Maret dan Mei 2014
Beasiswa Turki (Türkiye Scholarships) adalah program beasiswa jenjang pendidikan tinggi yang didanai oleh pemerintah Turki untuk siswa internasional. Program ini tidak termasuk siswa asing yang belajar di Turki melalui projek Eropa, perjanjian timbal balik, dan beasiswa-beasiswa universitas.
Beasiswa dari pemerintah Turki ini ditujukan untuk berbagai jenjang pendidikan sarjana (s1) dan pasca sarjana (s2 dan s3). Semua bidang ilmu yang ditawarkan oleh universitas-universitas di Turki bisa diambil oleh mahasiswa Indonesia, misalnya MIPA, teknik, pertanian, ilmu sosial dan humaniora.
Besaran uang saku yang akan diterima mahasiswa per bulan adalah 500 lira (kurang lebih 2,7 juta rupiah) untuk program diploma dan sarjana, 750 lira Turki (sekitar 4,1 juta rupiah) dan 1.000 lira Turki (sekitar 5,5 juta rupiah). Untuk tempat tinggal, Turki memberikan sewa kamar asrama gratis bagi penerima beasiswa ini. Tentunya pada asrama yang telah disediakan oleh pihak kampus. Jika ingin tinggal di tempat lain maka biaya ditanggung pribadi.
Mengingat perkuliahan di Turki sebagian besar menggunakan bahasa Turki, maka mahasiswa asing diharuskan bisa berbahasa Turki. Namun tidak perlu khawatir, pada saat seleksi beasiswa tidak harus menguasai bahasa Turki karena nantinya akan diajarkan selama setahun di Turki jika dinyatakan lolos seleksi masuk universitas.
Beasiswa pemerintah Turki ini dibuka setiap tahun. Batas akhir pengajuan beasiswa untuk tahun 2014 adalah bulan Maret dan Mei.
Berikut ini beberapa program beasiswa Turki untuk S1, S2, S3 yang bisa diambil oleh mahasiswa Indonesia:
Beasiswa Pasca Sarjana (S2 dan S3)
  • Beasiswa bidang sains: Ali Kuşçu Science and Technology Graduate Scholarship
    Beasiswa ini ditujukan untuk program Master dan Doktor dengan bidang studi sains, engineering, dan technology. Diperuntukkan bagi mahasiswa dari negara mana pun selain warga Turki.
  • Beasiswa bidang sosial: İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship
    İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship adalah beasiswa yang diberikan bagi mahasiswa yang menggeluti bidang studi ilmu sosial program master dan doktor. Diperuntukkan bagi mahasiswa dari negara mana pun selain warga Turki.
Beasiswa Sarjana
  • Bosphorus Undergraduate Scholarship Program
    Merupakan beasiswa S1 untuk mahasiswa yang berasal dari negara Indonesia, Argentina, Brasil, Brunei, India, Malaysia, Thailand, Laos, Saudi Arabia, Venezuela, dll (selain Afrika). Ditujukan untuk semua bidang studi program sarjana selain ilmu kedokteran, islamic studies, dan bahasa Turki.
  • Anatolian Undergraduate Scholarship Program
    Beasiswa ini untuk warga Turki dan non-Turki yang sudah menyelesaikan pendidikan tingkat SMA di Turki.
Beasiswa Bidang Studi
  • Beasiswa Kedokteran/kesehatan: İbni Sina Medical Sciences Scholarship Program
    Ini adalah beasiswa untuk program studi kedokteran, kedoteran gigi, keperawatan, farmasi, dan kedokteran hewan untuk semua jenjang: sarjana, master, dan doktor.
  • Beasiswa Bahasa Turki: Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program
    Diberikan bagi mahasiswa internasional yang ingin belajar bahasa Turki di salah satu universitas di Turki.
Bagi mahasiswa internasional yang sudah belajar di Turki dengan biaya sendiri dan butuh support beasiswa juga tersedia beasiswa pada program Support Scholarship Program dan Success Scholarship program.
Pemerintah Turki dan Indonesia sudah menjalin kerjasama di bidang pendidikan. Saat ini jumlah mahasiswa Indonesia di Turki masih sedikit, begitu pula jumlah mahasiswa Turki di Indonesia. Diharapkan dengan kesepakatan bidang pendidikan antara Turki-Indonesia ini akan semakin menambah banyak jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Turki dan sebaliknya.
Tanya Jawab:
Apakah saya harus mengambil penerimaan dari universitas?
Tidak. Anda akan ditempatkan pada salah satu universitas di Turki dan program studi yang Anda pilih setelah Anda dinyatakan mendapatkan beasiswa ini. Jadi Anda langsung mengajukan aplikasi beasiswa terlebih dahulu.
Saya tidak tahu informasi tentang universitas di Turki, dimana saya bisa mendapatkannya?
Anda bisa melihat informasi mengenai universitas negeri dan swasta di Turki melalui link ini. Ada banyak universitas yang bisa Anda pilih diantaranya: İstanbul University, Marmara University, Yıldız Teknik University, Boğaziçi University, Çankaya University, Fatih Sultan Mehmet Private University, Fatih University, Galatasaray University, dll.
Saya tidak bisa berbahasa Turki, apakah ini suatu kekurangan?
Tidak. Anda tidak diharuskan menguasai bahasa Turki dan ini tidak termasuk persayaratan yang diwajibkan dalam aplikasi beasiswa. Anda akan belajar bahasa Turki di Universitas terkait atau pada lembaga pendidikan di kota universitas asal, atau di kota lain jika di kota tempat universitas Anda tidak tersedia lembaga pendidikan tersebut.
Bagaimana dan kapan mengajukan beasiswa ini?
Proses aplikasi beasiswa Turki ini biasanya dimulai pada musim semi setiap tahunnya. Tanggal aplikasi akan diumumkan di website turkiyeburslari.gov.tr atau turkiyeburslari.org. Aplikasi untuk pengajuan beasiswa S1 dan S2/S3 biasanya memiliki periode waktu yang berbeda. Pelamar hanya bisa mengajukan aplikasi secara online lewat situs www.turkiyeburslari.org , www.trscholarships.org.
Persyaratan:
Syarat Usia
  1. Untuk pelamar beasiswa S1: Lahir setelah 1 januari 1992
  2. Untuk pelamar beasiswa S2: Lahir setelah 1 januari 1983
  3. Untuk pelamar beasiswa S3: Lahir setelah 1 januari 1978
Seleksi beasiswa ini didasarkan pada capaian prestasi akademik dan hasil wawancara.
Informasi Selengkapnya
Untuk mengetahui informasi lebih detail silakan menyelam pada beberapa situs penting berikut ini:
Info beasiswa dan Pendidikan di Turki:
http://www.turkiyeburslari.gov.tr/index.php/en/
Info Lainnya Mengenai Turki dan Pelajar Indonesia di Turki:
Kedutaan besar Turki di Jakarta:
http://jakarta.emb.mfa.gov.tr/Default.aspx
FB: https://www.facebook.com/pages/Embassy-of-the-Republic-of-Turkey-Jakarta/439302202768076
Website Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Turki:
http://ppiturki.org/

sumber:infobeasiswa.net

0 Response to " Beasiswa dari Pemerintah Turki untuk Mahasiswa Indonesia,Mau? "

Post a Comment