Bingung....Cara Bikin Visa Pelajar ke UK?Ikuti Panduannya Berikut Ini

visa
Visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu.


Lantas, bagaimana prosedur pengurusan visa pelajar dengan destinasi ke Inggris. Pertama, para pelajar harus mengisi formulir permohonan visa pelajar secara online melalui www.visa4uk.fco.gov.uk.

Kemudian, cetak formulir online yang telah Anda lengkapi itu. Perhatikan dengan seksama setiap jawaban Anda sebelum membubuhkan tanda tangan di akhir formulir.

Melalui laman yang sama, buatlah janji untuk datang ke pusat permohonan yang berada di Jakarta dan Bali. Setelah menentukan tanggal dan waktu pertemuan, segera kumpulkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk membuat visa pelajar?

- Confirmation of Acceptance for Studies (CAS) 
Merupakan sebuah pernyataan online resmi dari pihak sponsor maupun kampus yang menyatakan Anda telah diterima di kampus tersebut. Dokumen ini memuat detail tentang Anda, mulai dari jurusan, kualifikasi, serta kamampuan bahasa Inggris Anda (jika diperlukan). Sponsor akan memberikan nomor referensi unik CAS Anda yang akan dibutuhkan dalam mengajukan permohonan pembuatan visa pelajar.

- Keuangan
Anda harus menyediakan bukti spesifik terkait kondisi keuangan Anda (rekening koran) dalam bentuk pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh pihak bank. Dokumen ini berguna untuk menunjukan kemampuan finansial Anda dalam membayar biaya kuliah tahun pertama di kampus pilihan serta biaya hidup selama sembilan bulan di kota yang telah Anda pilih. 

- Sertifikat IELTS yang berlaku
Dokumen ini membuktikan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris. Level kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan sesuai dengan jenjang pendidikan yang telah Anda pilih.

- Sertifikat Bebas Tuberculosis (TB)
Jika akan menetap di UK lebih dari enam bulan, Anda harus menyertakan sertifikat hasil pemeriksaan TB.

- Sertifikat Academic Technology Approval Scheme (ATAS)
Dokumen ini hanya diperlukan bagi para mahasiswa yang mengambil studi S-2 dan S-3 berdasarkan penelitian.

Selain berbagai dokumen tersebut, para mahasiswa harus memberikan paspor terbaru yang masih berlaku dan permohonan online (cetak) yang telah diiisi dan ditandatangani. Kemudian, foto berwarna ukuran paspor dengan latar belakang terang serta membayar biaya visa yang telah ditentukan secara tunai.

Setelah mendapatkan jadwal perjanjian yang telah disepakati, bawa keempat persyaratan tadi lengkap dengan dokumen pendukung ke pusat permohonan visa. Di sana, pihak imigrasi akan mengambil sidik jari dan foto Anda secara digital.

Untuk umum (turis), visa ditargetkan dalam 15 hari kerja. Namun, untuk visa pelajar bisa memakan waktu lebih lama karena setiap dokumen pendukung harus diverifikasi kebenarannya.

sumber:okezone