Wow, Unas Jadi Kampus Percontohan Se-Indonesia!

JAKARTA - Persaingan dalam dunia pendidikan membuat kampus wajib mempertahankan mutu. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menjamin kualitas pendidikan dan lulusan yang dihasilkan kampus tetap baik, bahkan meningkat. 

Konsistensi dalam perbaikan mutu pendidikan itulah yang mengantarkan Universitas Nasional (Unas) menjadi salah satu perguruan tinggi percontohan di Tanah Air dan masuk dalam Daftar berisi 30 nama perguruan tinggi percontohan di Indonesia. Daftar  ini merupakan hasil Supervisi dan Bimtek Pemetaan Mutu 2013 Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP).

Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional, Eddy Guridno, S.E., M.M.Si menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) Kemendikbud yang digelar setiap tahun.

"Supervisi mencakup evaluasi mutu internal setiap perguruan tinggi. Dalam hal ini, Universitas Nasional sendiri merupakan satu dari 30 perguruan tinggi percontohan di seluruh Indonesia," kata Eddy, seperti dikutip dari laman Unas, Senin (19/8/2013). 

Prestasi tersebut, kata Eddy, tentu membawa pengaruh tersendiri bagi Universitas Perjuangan itu. Eddy mengungkap, jika setiap program studi mengetahui kelebihan dan kekurangannya serta menyadari arti pemetaan mutu, maka kesadaran ini akan membantu Unas memperbaiki bagian yang kurang. Di saat yang sama, Unas pun dapat merencanakan langkah perbaikan. Secara eksternal, imbuhnya, hal ini pun akan membantu Unas dalam penilaian akreditasi BAN-PT.

Sementara itu, menurut delegasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc kegiatan supervisi dan bimtek adalah upaya untuk menumbuhkan semangat penjaminan mutu dari dalam diri. Setiap kampus harus mengisi instrumen evaluasi yang digunakan sebelum akreditasi.

Fungsi instrumen tersebut adalah melihat berbagai indikator kelemahan atau kekurangan yang masih perlu diperbaiki. Cara ini diharapkan dapat memacu setiap institusi pendidikan untuk memperbaiki kualitas. 

"Hal ini seperti layaknya wanita yang sedang bercermin, kita menghadap ke cermin dan melihat mana yang harus diperbaiki. Jika hidung yang perlu diperbaiki, maka kita perlu fokus ke hidung saja, sehingga tidak perlu lagi diam dan berfokus pada yang lainnya," ujar Kiki. (rfa) 


Sumber:okezone

0 Response to " Wow, Unas Jadi Kampus Percontohan Se-Indonesia! "

Post a Comment