Tanyakan Ini Saat Interview Kerja


Menghadapi interview kerja berarti kita harus memiliki kesiapan menjawab berbagai pertanyaan dari HRD suatu perusahaan. Pertanyaan yang diajukan pun beragam, mulai dari identitas pribadi hingga penguasaan skill profesional. 

Tetapi, di akhir sesi interview biasanya interviewer akan memberikan kita kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Nah, jangan segan memanfaatkan kesempatan itu. Supaya enggak salah langkah, simak panduan pertanyaan yang bisa diajukan ke interviewer berikut ini.

1. Bagaimana Anda merayakan prestasi di perusahaan ini?  Konsultan karier Sabrina Ali, seperti dilansir monster.com, Kamis (15/8/2013) menyatakan,  pertanyaan ini dapat memberi gambaran apakah nilai-nilai yang kita miliki sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. 

2. Dari perspektif Anda, apakah bagaimanakah definisi sebuah kesuksesan? Penting diingat, pekerjaan yang menurut kita bagus belum tentu akan dianggap bagus oleh orang lain. "Idealnya, apa dan bagaimana kita mengerjakan sesuatu sesuai dengan cara pandang atasan, sesuai peran kita dalam perusahaan. Jangan segan bertanya bagaimana pekerjaan tersebut seharusnya diselesaikan sesuai standar perusahaan," imbuh Ali.  

3. Dapatkah Anda deskripsikan kandidat yang tepat untuk pekerjaan ini? Pelatih karier Cheryl Palmer memaparkan, ketika interviewer mendeskripsikan karakteristik kandidat terbaik, Anda dapat mengulangi kembali kualifikasi yang Anda miliki sesuai karakteristik tersebut. "Atau Anda bisa juga menambahkan kualifikasi yang belum disampaikan kepada interviewer namun sesuai dengan deskripsi tentang kandidat terbaik tadi," ujar Palmer. 

4. Prioritas apa yang dibebankan kepada orang di posisi ini dalam 30 hari pertama? Pertanyaan ini akan memberikan gambaran prioritas kebutuhan perusahaan. Selain itu, jika mendapatkan pekerjaan tersebut, Anda akan bisa menentukan fokus kerja sehingga dapat mencapai hasil optimal dan menunjukkan bahwa Anda memang kandidat  terbaik untuk posisi tersebut. 

5. Jika soal pekerjaan, apa yang membuat Anda terjaga di malam hari? Konsultan dari Graduates.co.uk Adam Grunwerg menjelaskan, pertanyaan ini akan menunjukkan bahwa Anda tidak takut tantangan. Menurutnya, pertanyaan ini juga akan menunjukkan bahwa Anda fokus untuk berkontribusi dalam kesuksesan perusahaan. "Sangatlah penting menyampaikan pesan bahwa Anda siap memberi. Dan pada saat bersamaan akan membuat Anda terlihat lebih layak diperkerjakan," kata Grunwerg. 

6.  Apakah ada kekurangan dalam lamaran pekerjaan yang bisa saya perbaiki sekarang? Pertanyaan ini sangat berani dan menunjukkan Anda menerima kritik. Dengan mengajukan pertanyaan ini, Anda akan mengetahui kelemahan apa yang perlu diperbaiki dan tidak Anda sadari sebelumnya. "Ini akan meningkatkan kesempatan Anda menutup sesi interview dengan profesi baru di tangan," tutur Grunwerg. 

7. Nilai kepemimpinan apa yang Anda lihat dari perusahaan dan berkontribusi dalam kesuksesan Anda? Direktur Periscope Employee Engagement Tara Meyers menilai, pertanyaan ini memiliki dua makna. Pertama, sebaik apa interviewer mengenal baik kepemimpinan perusahaan. Dan kedua, sejauh mana kesuksesan sang interviewer.  Jawaban atas pertanyaan terakhir ini dapat memberi Anda insight (pemikiran) tentang budaya perusahaan serta apa saja yang memotivasi dan menggerakkan para pekerja. (rfa) ]


sumber:0kezone

0 Response to " Tanyakan Ini Saat Interview Kerja "

Post a Comment